Rabu, 01 Mei 2013

WALIKOTA RESMIKAN 1,75 HEKTAR HUTAN KOTA JOMBANG



Ciputat,
Target pemenuhan 30% ruang terbuka hijau (RTH) di kota Tangerang Selatan oleh Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany melalui Badan Lingkungan Hidup  Daerah (BLHD) secara bertahap direalisasikan dan tersebar di setiap wilayah kecamatan.
Berlokasi di areal seluas 1,75 hektar (1,75 Ha) lahan Badan Penyuluhan Pertanian – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kota Tangsel, pada Selasa (9/4), peresmian hutan kota Jombang di jalan Tidore - Kelurah  Jombang Kecamatan Ciputat, diawali dengan senam pagi Walikota beserta Sekretaris Daerah, Dudung E. Diredja  dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bersama ratusan masyarakat Kecamatan Ciputat.
Kepala BLHD Tangsel, Rahmat Salam dalam sambutannya menyampaikan bahwa hutan kota Jombang tersebut merupakan bagian dari lahan seluas 1,75 hektar yang merupakan lahan dalam pengelolaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, sebagai  tempat pelatihan/penyuluhan pertanian, perikanan dan peternakan.
“Sungguh kawasan ini akan menjadi kawasan terpadu yang kelak akan dipersembahkan pemerintah kota Tangerang Selatan kepada masyarakat sekitar dan masyarakat Jombang khususnya, umumnya untuk masyarakat Tangsel”,  ungkapnya
Lebih lanjut dijelaskan bahwa fungsi hutan kota sebagai paru-paru kota, resapan air, penghijauan yang asri, juga merupakan tempat yang dapat dipergunakan sebagai kawasan wisata dan sebagai sarana olahraga bagi  masyarakat.
Sementara itu, Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany  dalam sambutannya menjelaskan bahwa hutan kota Jombang sebagai upaya pemkot Tangsel dalam memenuhui 30% ruang terbuka hijau sebagaimana amanat Undang-Undang. Airin berharap, hutan kota tersedia di setiap wilayah Kecamatan.
“Kawasan hutan kota Jombang merupakan upaya pemenuhan target 30% ruang terbuka hijau”, jelasnya.
Disamping itu, Walikota juga meminta dinas terkait untuk melakukan normalisasi  sungai yang melintas di kawasan tersebut sehingga tertata sebagai kawasan terpadu.

A.Ghozali Mukti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar