Sabtu, 27 April 2013

Tembok Tanggul Retak ,Warga Pondok Kacang Prima Kembali Di Hantui Banjir




Tangsel,
Sejumlah warga yang berdomisili di wilayah RW 08 Kelurahan Pondok Kacang Timur Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kembali di hantui banjir yang melanda kawasan tersebut beberapa waktu lalu. Pasalnya, tanggul kali Serua yang berada di perumahan tersebut saat ini mengalami retak - retak sehingga di khawatirkan akan terjadi jebol. Ironisnya, retaknya tanggul yang berada di RT 02/06 kelurahan Pondok Kacang Timur, belum lama ini baru saja di perbaiki oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya  Air (DBMSDA) Kota Tangsel.

Menurut Anwar, warga Perumahan Pondok Kacang Prima RT 17/08, tanggul kali Serua yang berada di wilayahnya telah membuat warga merasa khawatir dan waspada. “ warga masih teringat  peristiwa banjir yang di akibatkan jebolnya tanggul beberapa waktu lalu,yang  membuat sebagian warga perumahan Pondok Kacang Prima mengungsi ke tempat yang lebih aman.” Ungkapnya.

"Jika tanggul yang berada di RT 02/06 jebol, akan jadi seperti apa warga di sini. Belum lama saja kami mengungsi akibat luapan air yang di sebabkan jebolnya tanggul itu," jelasnya, saat ditemui di lokasi, Kamis (18/04).

Kekhawatiran warga , menurut Anwar  bukan tanpa alasan,  mengingat curah hujan yang akhir - akhir ini kembali meningkat, bukan mustahil bisa menyebabkan luapan air yang menyebabkan banjir.

"Apalagi setelah kami tahu jika tanggul yang jebol beberapa waktu di perbaiki kini di sebelahnyapun mengalami retak - retak. Sepertinya dinas terkait setengah hati dalam mengerjakannya," paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Trantib SatPol PP Kecamatan  Pondok  Aren, Muhamad Subiantoro ,di lokasi tanggul yang terancam jebol mengatakan, sebelumnya pihak kecamatan Pondok Aren telah menerima pengaduan dari warga setempat jika tanggul kali Serua telah mengalami retak - retak dan di khawatirkan akan mengalami jebol.

"Sebelumnya  Camat  Pondok  Aren telah menerima pengaduan dari warga, lalu memerintahkan agar kami melakukan pengecekan ke lapangan. Ternyata sesuai dengan pengaduan masyarakat bahwa tanggul kali Serua mengalami retak," tandasnya. 

Dari pantauan di lokasi, kondisi tanggul yang di bangun puluhan tahun lalu itu, selain telah using tanah di sekitar tanggul  juga  mengalami  longsor. Situasi seperti  itulah yang di duga menjadi salah satu faktor retaknya tanggul kali Serua. Sehingga, dampak yang paling terparah akan di rasakan warga perumahan Pondok Kacang Prima yang dihuni  sekitar 1400 kepala keluarga  dari  wilayah RW 08,dengan 18 RT yang kapan saja bias dilanda banjir serta  terancam mengungsi.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar